Cara Mengatasi Kebocoran Tabung Gas di Rumah

Cara Mengatasi Kebocoran Tabung Gas di Rumah

Ledakan kompor gas biasanya terjadi karena tabung gas mengalami kebocoran. Tabung gas akan meledak atau terbakar bila melibatkan tiga unsur sekaligus yaitu adanya udara (oksigen), suhu, dan gas yang keluar itu sendiri.

Ledakan akan terjadi jika campuran gas di udara mencapai sekitar empat persen pada suhu tertentu. Akan tetapi, kompor gas akan menyala normal bila kadar gasnya di bawah itu. Semakin besar gas yang keluar, akan semakin menyengat bau gas yang Anda cium. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi kebocoran tabung gas di rumah Anda:

1. Pada awalnya gas yang keluar dari tabung gas tidak berbau.
Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab gas yang keluar dari tabung gas telah ditambah semacam odoran (zat penimbul bau khusus). Tujuannya adalah agar Anda langsung waspada jika kadar gas yang keluar melebihi kapasitasnya.

2. Periksalah bagian-bagian dari kompor dan tabung gas Anda.
Kebocoran dapat disebabkan karena kompor tidak tertutup rapat, selang bocor, sambungan selang atau kompor tidak rapat, atau regulator tidak bekerja dengan baik.

3. Jangan panik jika Anda mencium bau gas yang menyengat.
Segeralah buka pintu dan jendela. Lalu, cabut regulator yang terpasang dan matikan keran kompor. Hindari menyalakan lilin, korek api, rokok, ataupun saklar listrik karena dapat menimbulkan api.

4. Jika kebocoran sudah terjadi, segeralah Anda cari sumber kebocoran.
Cara mencarinya sama dengan cara tukang tambal ban mencari sumber kebocoran pada ban. Oleskan air sabun pada bagian yang diduga mengalami kebocoran. Lalu, air sabun tersebut akan menggelembung pada bagian yang bocor.

5. Jika api sudah terlanjur menyala, usahakan agar tidak menyemprotnya dengan air atau pemadam kebakaran lainnya.
Cara ini memang bisa mematikan api, tetapi gas yang masih mengalir akan berpotensi menimbulkan ledakan. Jadi, cara yang terbaik adalah menghentikan aliran gas dengan menutup keran kompor. Agar tabung tidak ikut meledak, basahi tabung dengan air dingin atau karung basah.

Sumber: Klasika Kompas 17 September 2008

About these ads
This entry was posted in Cara Mengatasi Kebocoran Tabung Gas di Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s